Macam-macam lagu Nusantara dilihat dari sejarahnya

    1. Lagu Daerah
Lagu daerah adalah lagu yang tumbuh dan berkembang dari budaya daerah setempat. Hampir setiap daerah memiliki lagu sendiri-sendiri yang berisi gambaran kehidupan masyarakat setempat secara umum. Lagu-lagu daerah biasanya dinyanyikan pada upacara adat dan pada event-event tertentu.

     2. Lagu Perjuangan

Lagu Perjuangan adalah lagu yang lahir dan tercipta pada masa-masa perjuangan kemerdekaan, dengan maksud untuk membangkitkan semangat juang dalam membela.

     3. Lagu Keroncong

Lagu keroncong merupakan salah satu musik rakyat Indonesia yang berkembang sejak abad 19. Lagu keroncong banyak dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa Portugis, dengan ciri permainannya menggunakan alat musik ukulele, yaitu semacam gitar kecil yang berdawai tiga buah.

     4. Lagu Klasik

Lagu-lagu klasik pada umumnya diciptakan pada zaman klasik sekitar tahun 1750-1850
   
     5. Lagu Pop

Istilah pop berasal dari kata populer yang artinya terkenal. Lagu pop yaitu lagu yang pada suatu saat terkenal dan digemari oleh masyarakat luas terutama kaum muda, tetapi itu lagu pop bersifat kontemporer.

     6. Lagu Seriosa

Lagu Seriosa adalah lagu yang ekspresi dan penghayatannya dibawakan dengan sunguh-sungguh (serius) dengan vokalnya. Jenis lagu seriosa memiliki nilai musikal yang tinggi. Dalam musik seriosa seorang penyanyi harus mampu mengungkapkan lagu dengan serius. Seorang penyanyi seriosa harus mampu melakukan interprestasi secara tepat, sehingga mampu melakukan kemauan sang komponis dan luluh kedalam lagu tersebut.


     7. Lagu Stambul

Lagu Stambul pada mulanya hanyalah nyanyian dalam sandiwara keliling, kemudian berkembang pesat. Kata Stambul berasal dari Istambul (konstantinovel), yaitu ibu kota Turki. Jenis lagu ini hidup pada permulaan  abad ke-20. Salah satu cerita Indonesia yang dipentaskan dalam Stambul yang terkenal pada waktu itu adalah Nyai Dasimah karya S.M Ardan.


     8. Lagu Dangdut


Lagu ini berasal dari Semenanjung Melayu (Sumatra), dan dipengaruhi serta dipadukan dengan alat musik tradisional India bernama tabla. Irama musiknya ringan, sehingga mendorong penyanyi serta pendengarannya untuk menggerak-gerakan anggota badannya. Selain jenis musik di atas di Indonesia juga berkembang jenis musik yang lain, diantaranya musik jazz, musik blues, musik R&B, musik country, musik reggae, musik RAP, dan jenis musik alternatif.

sumber:http://www.adityareinaldo.com/2012/08/macam-macam-lagu-nusantara-dilihat-dari.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar